Kebiasaan Imam Malik Sebelum Menyampaikan Hadis

Imam Malik selalu menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan muridnya. Rumahnya pun selalu terbuka untuk bertanya jawab. Biasanya, murid-murid yang hendak bertanya berkumpul di halaman rumahnya.

Saat itu salah satu pembantu Imam Malik keluar dan berkata, “Syaikh menanyakan apakah Anda ingin bertanya perihal fikih atau perihal hadis?” Apabila mereka berkata “Kami ingin bertanya tentang masalah-masalah yang kami hadapi”, beliau keluar lalu memberikan fatwa.

Namun, apabila mereka berkata “Kami ingin bertanya tentang hadis”, beliau akan berwudhu, lalu memakai minyak wangi, menyisir jenggotnya, memakai baju baru dan kopiah, serta melaksanakan shalat dua rakaat. Setelah itu, barulah beliau keluar menemui mereka. Terlihat sinar khusyuk di wajahnya. Setelah mereka memasuki ruangan, pengharum ruangan pun dinyalakan. Menyebarlah aroma harum ke seluruh ruangan.

Semua yang hadir dalam pertemuan itu diam. Tidak ada seorang pun yang bercakap-cakap dengan kawannya, bahkan tidak ada seorang pun yang menoleh ke arah temannya. Semua memperhatikan Imam Malik dan menyimak apa yang disampaikannya.

Saat ditanya mengapa melakukan hal-hal tersebut sebelum dan saat menyampaikan hadis Rasulullah Saw., ia menjawab, “Aku ingin mengagungkan hadis Rasulullah. Aku tidak akan menyampaikan hadis Rasulullah kecuali dalam kondisi suci, dengan hafalan dan bacaan yang sempurna.” Mungkin kita menganggap apa yang dilakukan Imam Malik berlebihan dan sebenarnya tak perlu. Namun, begitulah salah satu cara Imam Malik memuliakan Rasulullah Saw. yang dicintainya.


Terima Kasih Telah Berkunjung, silahkan share dan coment :)

Teladan Rasul

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Ferdi Rizaldi
AUTHOR
12/29/2015 9:33 AM delete

mungkin kebiasaan baik imam halik ini yang harus kita contoh mulai sekarang

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/29/2015 12:58 PM delete

betul itu gan bagaimana dia sangat mencintai hadis. Mudah2an kita mau melaksanakan seluruh hadis rasulullah Saw

Reply
avatar